search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pasar Blahbatuh Kebakaran, Banyak Pedagang Nangis Ingin Selamatkan Barang
Rabu, 16 Juni 2021, 16:25 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, UBUD.

Pasar Blahbatuh di Gianyar dilanda musibah kebakaran Selasa (15/6) sekitar pukul 17.30 WITA. Pasar lantai II ini hangus dilahap si jago merah. Belasan unit Mobil Pemadaman Kebakaran Gianyar, Klungkung, Kota Denpasar dan Bangli bolak balik berupaya memadamkan api. 

Menurut seorang pedagang pasar senggol, Agus api awalnya kecil di sebelah timur, namun karena angin kencang api cepat membesar.  Terlebih di dalam pasar, dominan merupakan barang mudah terbakar semisal kain, janur kering dan peralatan upakara. 

"Saya baru buka, belum dapat garus. Api sudah berkobar langsung menyelamatkan diri dan rombong," ujarnya. Pantauan di lokasi, sejumlah pedagang berupaya menyelamatkan barang dagangan yang masih bisa diselamatkan. Angin kencang menyebabkan api sulit dipadamkan. Asap hitam tampak mengepul hingga radius 7 kilometer dan bunga api melambung ke langit. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar ditemui di Pasar Blahbatuh mengatakan jumlah pedagang mencapai ratusan yang didominasi pedagang peralatan upakara. "Ada sebanyak 602 pedagang," jelasnya.

Api begitu cepat merembet ke semua bangunan pasar. Belum diketahui dari mana sumber api berasal. Situasi sangat mencekam. Arus lalu lintas dari arah barat timur utara ditutup. Petugas pemadam sempat kesulitan akses, sebab ribuan warga berjejal memadati jalan lantaran penasaran. 

Bupati Gianyar Made Mahayastra yang kebetulan melintas spontan turun di TKP. Saat itu, api semakin membesar. Sementara sejumlah pedagang pasar senggol masih berjejer di halaman parkir Pasar. 

"Masyarakat pedagang banyak yang nangis ingin masuk selamatkan barang. Tapi kita larang," tegasnya. Melihat banyaknya barang yang mudah terbakar disertai angin kencang, Mahayastra meminta petugas Damkar agar memberi atensi pada rumah warga sekitar. 

"Seluruh kekuatan Damkar Gianyar dikerahkan. Kita juga dibantu Damkar kabupaten tetangga. Utama nya memblokade agar jangan sampai kena rumah penduduk," jelasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami