search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Poltekpar Bali Sosialisasi Bagi Masyarakat Desa Wisata Bedulu
Selasa, 19 Oktober 2021, 10:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/Poltekpar Bali Sosialisasi Bagi Masyarakat Desa Wisata Bedulu

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, GIANYAR.

Program Studi Manajemen Divisi Kamar (Prodi MDK) sebagai salah satu program studi pada Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali) memiliki tanggung jawab dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat. 

Prodi MDK berupaya turut berperan serta dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata terutama karyawan maupun masyarakat yang bekerja di bidang Kantor Depan dan Tata Graha, sehingga mampu bersaing di era globalisasi ini.

Salah satu bentuk peningkatan sumber daya manusia adalah pelaksanaan sosialiasi bidang divisi kamar di Desa Bedulu. Sosialiasi yang berlangsung pada tanggal 18 – 19 Oktober 2021 mengusung tema “Sosialisasi Layanan Divisi Kamar Bagi Masyarakat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar”.

Desa Bedulu merupakan salah satu desa kuno dan unik di Gianyar dan pernah menjadi pusat pemerintahan di Bali pada Dinasti Warmadewa. Desa Bedulu memiliki banyak peninggalan sejarah dan purbakala seperti Goa Gajah, relief Yeh Pulu, Candi Tebing dan Pura Samuan Tiga serta sumber daya alam berupa Sungai Pekerisan yang ditetapkan menjadi warisan dunia serta Sungai Petanu yang terkait dengan keberadaan Kerajaan Bedulu. Disamping itu juga di Desa Bedulu sudah banyak terdapat sarana akomodasi seperti hotel, homestay maupun villa.

Putu Gede Eka Darmaputra, S.E., M.Si. selaku Koordinator Program Studi MDK menyampaikan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa kegiatan sosialisasi layanan divisi kamar, yang diberikan oleh dosen-dosen Prodi MDK Poltekpar Bali yang meliputi: Pelayanan Prima di divisi kamar, Kantor Depan (Operasional Pemesanan Kamar, Housekeeping (Pembersihan area umum), Housekeeping (penyiapan ruangan) dan Housekeeeping (Florist). 

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman lebih detil mengenai Lingkup layanan Divisi Kamar, pengetahuan dasar Front Office serta pengetahuan dasar Housekeeping pada sarana akomodasi kepada masyarakat di Desa Wisata Bedulu.

 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan sosialisasi kegiatan Florist, kegiatan penyiapan ruangan, pembersihan ruangan, kegiatan penerimaan tamu dan pemesanan kamar  kepada masyarakat di Desa Wisata Bedulu.

Dr. Luh Yusni Wiarti, Wakil Direktur 3 Poltekpar Bali dalam sambutannya menyampaikan bahwa Poltekpar Bali merupakan sebagai salah satu pentahelix pembangunan pariwisata Bali, berkewajiban berperan serta dalam meningkatkan kualitas SDM Pariwisata. 

Dia menambahkan meskipun masih dalam situasi Pandemi, bukan berarti kita berdiam diri, melainkan harus bersiap dengan cara menambah pengetahuan salah satunya di bidang layanan divisi kamar.

Bendesa Adat Desa Bedulu, Ketut Reman menyampaikan terima kasih kepada Prodi MDK Poltekpar Bali telah  memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Bedulu. Ia berharap para peserta dapat mengikuti sosialisai dengan baik. 

Hal senada juga disampaikan oleh Putu Ariawan, yang menyampaikan apresiasi kepada Prodi MDK Poltekpar Bali yang telah bersedia berbagi ilmu kepada masyarakat Desa Bedulu. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Perbekel Desa Bedulu dan diikuti oleh 30 peserta. 

Waktu sosialisasi dilaksanakan selama 2 hari yaitu 18 -19 Oktober 2021. Salah satu peserta, Dewa Gede Dwipayana mengungkapkan rasa antusiasnya mengikuti sosialisasi ini karena dapat bermanfaat dalam usaha yang dimilikinya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami