search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Nama Bali Sukmawati Setelah Sudhi Wadani
Rabu, 27 Oktober 2021, 16:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/Ini Nama Bali Sukmawati Setelah Sudhi Wadani

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, SUKAWATI.

Putri Presiden Soekarno, Diah Mutiara Sukmawati Sukarnoputri resmi menyandang nama Bali 'Ratu Niang Sukmawati' setelah pelaksanaan prosesi Sudhi Wadani. 

Dalam jumpa pers di The Soekarno Center, Desa Adat Mancawarna, Tampaksiring, Gianyar, Bali, Selasa (26/10) sore, putri ketiga Proklamator RI Dr Ir Soekarno ini mengaku tepat di usia 70 tahun berketetapan hati kembali pada Agama leluhur yakni eyang putrinya Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

 

Namun pergolakan untuk memeluk Hindu sudah dirasakan selama 66 tahun terakhir. Berawal saat Sukmawati di usia 4 tahun, merasa layak menjadi penari Bali. 

"Jadi di usia ini, saya sudah berketetapan hati kembali ke Agama leluhur," ungkapnya didampingi senator DPD RI Dr IGN Arya Wedakarna MWS dan anaknya. Sukmawati mengaku sejak kecil sudah cinta terhadap seni budaya Bali. 

"Ini merupakan suatu proses perjalanan panjang menjadi Hindu Bali. Kurang lebih 66 tahun, proses panjang memutuskan sebagai penganut Hindu," jelasnya.

 

Mengenai nama Ratu Niang, Sukmawati meminta Arya Wedakarna untuk menjelaskan. "Ini saya kira pak Arya yang jelaskan deh," ujarnya. 

Menurut Arya Wedakarna, nama Ratu Niang bukan hal berlebihan bagi sosok Sukmawati yang cucu Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, putri Proklamator RI Soekarno, serta pernah hidup di keraton. 

"Maka dari itu tidak ada suatu hal yang surprise. Niang itu nenek, ninik. Ratu merupakan tanda kehormatan. Seperti kita di Bali, memanggil Ratu Biang. Tapi, mau dipanggil mba, ibu terserah saja," ujarnya. 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami