search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gudang Gamelan SMKN 1 Tegallalang Tertimbun Longsor
Rabu, 5 Januari 2022, 14:30 WITA Follow
image

beritagianyar.com

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, TEGALLALANG.

Usai jam pelajaran, sebuah gudang tempat menyimpan perangkat gamelan di SMKN 1 Tegalalang di Banjar Pejengaji, Desa/Kecamatan Tegalalang mengalami longsor, Selasa (4/1) pukul 14.30 WITA. 

Pekerja yang menggarap senderan di bawahnya berhasil menyelamatkan diri. Hingga Rabu (5/1) satu perangkat gamelan belum bisa dievakuasi. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Gusti Dibya Presasta, membenarkan kejadian itu. Menerima laporan, BPBD langsung menuju lokasi longsor Rabu (5/1). 

Tanah longsor sepanjang kurang lebih 12 meter. Mengakibatkan gudang serbaguna SMKN roboh,” ujarnya, Rabu (5/1).

BPBD yang mengecek lokasi menyatakan, material longsor mengakibatkan perangkat gamelan tertimbun longsor. “Satu barung gamelan tertimpa reruntuhan material bangunan yang roboh,” ujarnya.

Akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp300 juta. “Untuk penanganan tidak bisa dilaksanakan karena situasi kondisi tanah masih labil serta untuk penanganan harus menggunakan alat berat mini,” jelasnya.

Disamping itu, lokasi longsor rawan. Akhirnya, BPBD belum bisa melakukan penyelamat terhadap perangkat gamelan yang tertimbun. “Anggota dan armada kembali ke posko,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Tegalalang, AKP Made Sudita, menyatakan saat kejadian, ada orang bekerja sedang membenahi bagian bawah gudang. Beruntung saat kejadian, pekerja tanggap lalu menyelamatkan diri. “Nihil korban jiwa,” ujarnya.

Kapolsek menambahkan, bangunan longsor karena dibangun di atas senderan. “Penyebab roboh karena bangunan tersebut didirikan di atas tanah uruk-urukan. Dan sekarang tanah longsor,” tutupnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami