search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tirta Empul Sumber Mata Air Suci di Bali
Selasa, 8 Februari 2022, 22:55 WITA Follow
image

Beritagianyar.com

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, UBUD.

Pura Tirta Empul atau Tirta Empul adalah salah satu sumber mata air yang disucikan. Tempat ini kerap didatangi oleh wisataan untuk mensucikan diri dan beribadah.

Lokasi Tirta Empul terletak satu kawasan dengan Pura Tirta Empul, dan Istana Tampaksiring, sebagai istana peristirahatan Presiden saat berkunjung ke Bali. Adapun Alamat Tirta Empul berada di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. 

Pura Tirta Empul dibangun oleh Raja Sri Candrabhayasingha, pada tahun 962 M, pada masa kerajaan Wangsa Warmadewa. Sejarah penamaan Pura Tirta Empul merujuk kepada sumber mata air suci yang sudah lebih dulu ada, yang bernama Tirta Empul.

Tirta Empul juga terkait erat dengan mitologi tentang sosok Raja Mayadenawa yang bertindak sewenang-wenang, dan menganggap dirinya sebagai seorang dewa.

Sikap sewenang – wenang tersebut membuat murka Bhatara Indra. Pada akhirnya Dewa Indra menyerang Raja Mayadenawa. Raja tersebut melarikan diri dengan cara kaki diangkat sebelah untuk menghilangkan jejak, atau disebut juga siring, atau miring.

sumber mata air beracun, yang akhirnya diminum oleh pasukan Dewa Indra.

Dewa Indra pun kemudian menancapkan tombaknya ke tanah, tidak lama berselang keluarlah mata air suci, sebagai penangkal atas mata air beracun yang dibuat oleh Raja Mayadenawa.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami