search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Upacara di Pura Penataran Sasih Pejeng, Doakan Covid-19 Usai
Selasa, 15 Februari 2022, 14:30 WITA Follow
image

Beritagianyar.com

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, UBUD.

Di Pura Penataran Sasih Pejeng, Kecamatan Tampaksiring digelar Karya Agung Penerus Panca Walikrama. Puncak upacara jatuh pada purnamaning Kesanga, Selasa (15/2). 

Upacara yang dipuput Yajamana Ida Pedanda Wayahan Bun Geriya Sanur, Pejeng, Ida Pedanda Budha Geriya Tengah Wanasari, serta Ida Pedanda Geriya Sanding Anyar, Pejeng itu diharapkan menetralisir covid-19.

Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng, Cokorda Gede Putra Pemayun, mengatakan serangkaian dengan karya agung ini juga dilangsungkan ritual sasolahan wali.

“Nedunang Sanghyang Jaran, Anten-antenan (puncak karya), hingga nampyog serta siyat sampiyan saat Ida Bhatara manca-manca budal,” ujarnya.

Cokorda Putra Pemayun memohon kepada seluruh umat Hindu untuk bersama-sama mendoakan seluruh rangkaian upacara ini berlangsung lancar. 

“Sekaligus mohon keselamatan jagat agar pandemi covid-19 segera berakhir,” ujarnya.

Untuk prosesi acara sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Juga sudah dilaksanakan prosesi mapepada atau pembersihan secara niskala terhadap hewan yang digunakan upacara. 

Hewan-hewan tersebut di antaranya kerbau anggrek wulan dan yusmerana, kambing hitam, kuluk bang bungkem, babi, kucit butuhan, angsa, bebek putih, ayam serta perlengkapan lainnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami