search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mengulik Puri Agung Peliatan, Istana Mewah Para Raja
Minggu, 20 Februari 2022, 12:05 WITA Follow
image

Beritagianyar.com

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, UBUD.

Puri Agung menjadi salah satu bangunan istana paling tua yang ada di Pulau Bali. Puri ini diketahui telah ada sejak tahun 1700-an. Saat itu, Ubud masih terbagi menjadi beberapa wilayah kerajaan, termasuk di antaranya adalah Kerajaan Peliatan. 

Keberadaan puri ini merupakan sebagai istana utama yang berguna menjadi tempat tinggal para Raja Kerajaan Peliatan.

Saat pendirian Puri Agung, wilayah Ubud masih sangat sepi. Sebagian besar wilayah Ubud waktu itu masih berupa areal sawah dan semak belukar. Kondisi ini terjadi karena Kerajaan Peliatan waktu itu mengalami perseteruan sengit dengan Kerajaan Mengwi. 

Namun, kondisinya berubah sejak tahun 1800-an. Ubud dan kawasan di sekitar Kerajaan Peliatan, mulai ramai penduduk.

Alasan utama mulai ramainya kawasan di sekitar Puri Agung adalah karena upaya rekonsiliasi antara Kerajaan Peliatan dengan Kerajaan Mengwi. Hal ini dibuktikan dengan kedatangan orang-orang dari Mengwi yang berbondong-bondong menempati lahan kosong di wilayah Ubud. 

Seiring dengan keramaian tersebut, budaya Ubud terus berkembang sampai sekarang. Keberadaan Puri Agung Peliatan merupakan bukti kecil dari upaya menjaga budaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali. Puri Agung berada di Jl. Cok Gede Rai, Peliatan, Kecamatan Ubud.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami