search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tips Hemat Ala Anak Kost yang Bisa Ditiru Siapapun
Jumat, 8 Juli 2022, 11:10 WITA Follow
image

bbn/https://www.pexels.com/photo/person-putting-coin-in-a-piggy-bank-3833052/

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, GIANYAR.

Mengatur keuangan dengan bijak sering menjadi tantangan tersendiri untuk anak rantau. Namun jika berhasil menerapkan gaya hidup hemat, dijamin akan membuat Anda tetap sejahtera hingga akhir bulan. Hal inilah yang membuat Anda harus tahu bagaimana tips hemat anak kost yang tepat.

Tinggal sendiri di kosan memberikan kesan mandiri dan pastinya tidak sama seperti tinggal bersama orang tua. Jika Anda masih tinggal dengan keluarga, Anda bisa meminta uang saku kapan saja. Beda halnya saat sudah tinggal sendiri, biasanya keuangan lebih ditata sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan manajemen pengeluaran dengan rapi.

Untuk menghindari masalah keuangan yang bisa menjumpai Anda dalam satu bulan, silakan simak ulasan yang akan kami bahas di bawah ini. Tentunya tentang apa saja cara hemat ala anak kost agar dapat tetap makan enak hingga akhir bulan. Let’s check this out!

Cara Hemat Anak Kost, Anti Kere di Akhir Bulan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan sebagai anak kost untuk berhemat. Namun cara-cara tersebut tidak akan berhasil jika tidak dibekali dengan niat yang kuat untuk hidup sederhana. Sehingga sebelum melakukan beberapa tips di bawah ini sebaiknya Anda kuatkan tekad untuk hidup hemat selama satu bulan.

Nah jika sudah memiliki motivasi kuat, selanjutnya lakukan 6 tips berhemat alat kost seperti di bawah ini. 

1. Buat Daftar Pengeluaran

Pada langkah pertama Anda harus membuat daftar pengeluaran untuk satu bulan terlebih dulu. Pastikan menyusun anggaran bulanan sesuai budget anggaran dan tidak melebihi jatah uang saku dari orang tua. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa berlatih hidup dengan keuangan teratur.

Daftar pengeluaran tersebut harus tersusun dengan rapi mulai dari kebutuhan primer hingga anggaran untuk liburan. Kemudian lihat berapa total uang yang harus dikeluarkan agar bisa langsung menyisihkan budget. Tentunya untuk keperluan terpenting seperti biaya kos, uang kuliah, belanja bulanan, dan listrik.

2. Hindari Kegiatan Tidak Penting

Meskipun Anda memberikan anggaran tersendiri untuk pergi liburan, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering melakukan kegiatan seperti itu karena dapat membuat kondisi keuangan membengkak. Sehingga tidak cukup memenuhi kebutuhan akhir bulan.

Rekreasi memang boleh, tetapi jangan sering-sering karena waktu Anda pun bisa terbuang sia-sia tanpa melakukan kegiatan yang dapat menambah uang saku. Hindari juga sering hangout bersama teman di café atau mall, sebaiknya ganti dengan nongkrong di tempat-tempat murah meriah.

3. Jangan Membawa Uang Cash Berlebihan

Kebiasaan membawa uang cash ternyata malah akan membuat Anda lebih boros. Hal ini menjadi penyakit yang tanpa sadar Anda lakukan jika menemui barang yang diinginkan. Bahkan jika Anda memiliki uang cash lebih di kantong dapat membuat pengeluaran semakin melebar.

Sebaiknya Anda membawa uang sesuai dengan keperluan saja. Anda bisa melebihkannya sedikit tapi jangan kebanyakan. Jika bisa simpanlah kartu ATM di rumah agar tidak mudah ditarik jika sewaktu-waktu Anda ingin belanja secara impulsif.

4. Belajar Masak Sendiri

Tips hemat yang tidak kalah penting adalah biasakan memasak makanan sendiri. Bukan tanpa alasan, jika Anda sering makan di luar malah akan membuat pengeluaran semakin tinggi karena harganya yang mahal untuk satu kali makan saja.

Kewajiban Anda dalam belajar memasak ini dikarenakan kebutuhan mendesak. Pasalnya hal tersebut merupakan salah satu cara terbaik untuk bertahan hidup dengan uang seadanya. Anda akan merasakan perbedaan jika masak sendiri dengan makan di luar. Sehingga sangat disarankan untuk segera belajar masak dan mulai hindari makan di restoran.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Anak kost sering kebablasan tidak menerapkan hidup sehat sehingga membuat badan mudah sakit dan tidak stabil. Sebagai anak rantau, usahakanlah untuk hidup lebih seimbang seperti tidur tepat waktu, mencukupi asupan gizi, dan rutin olahraga.

Jika Anda menerapkan gaya hidup sehat tersebut, maka dijamin hidup Anda akan lebih teratur. Kebiasaan ini akan berbuah manis dan memberikan motivasi kuat untuk hidup hemat juga. Jadi jangan lupa untuk mengikuti tips hemat anak kost yang satu ini.

6. Manfaatkan Promo Belanja

Sebagai anak kost jangan sampai Anda gengsi memanfaatkan promo yang ada saat hendak membeli keperluan rumah tangga. Belanja bulanan memanfaatkan promo ulang tahun dan sejenisnya akan membuat Anda lebih hemat. Sehingga masih memiliki uang saku untuk keperluan lainnya. 

Saat belanja bulanan sebaiknya Anda juga harus menghindari untuk membeli air mineral kemasan karena akan menambah panjang daftar belanjaan Anda. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk mengumpulkan sisa uang receh jika ada kembalian. Sebab, meskipun Anda belanja menggunakan promo, uang receh tersebut tetap berharga.

Promo-promo belanja tersebut akan lebih mudah ditemukan jika Anda belanja keperluan di Blibli yang secara rutin menyediakan berbagai jenis pilihan voucher untuk penggunanya. Dengan menggunakan Blibli, Anda bisa merasakan sensasi belanja murah meriah. Tentunya dengan promo gratis ongkir, cashback, diskon hingga 90%, dan Promo Ulang Tahun menarik dari Blibli.

Blibli sendiri merupakan marketplace yang cocok untuk anak kost agar tidak perlu lagi repot belanja ke pasar konvensional. Pasalnya semua keperluan yang Anda butuhkan tersedia di Blibli dalam berbagai kategori.

Sehingga Anda dapat menghemat uang sekaligus waktu karena tinggal belanja di rumah saja sudah bisa memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Agar tidak ketinggalan promonya, yuk segera unduh aplikasi Blibli sekarang juga karena sebentar lagi akan ada promo 7.7 Family Shopping Day.

Dimana, pada event tersebut Blibli menyediakan berbagai pilihan promo 5 hari berturut-turut. Jadi tunggu apalagi, segera terapkan memulai hidup hemat dengan tips hemat anak kost bersama Blibli.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/adv

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami