search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Polres Gianyar Siaga di Tepi Pantai Saat Umat Gelar Melasti
Jumat, 8 Maret 2024, 16:26 WITA Follow
image

beritabali/ist/Polres Gianyar Siaga di Tepi Pantai Saat Umat Gelar Melasti.

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, GIANYAR.

Ribuan umat hindu memadati sejumlah pantai di Gianyar saat Upacara Melasti menjelang perayaan Nyepi. Sejumlah pratima atau benda suci untuk dibersihkan di pantai. Rangkaian ini digelar lebih awal karena beriringan dengan hari raya Kuningan.

Seperti yang dilakukan umat pada Jumat (8/3/2024), umat yang datang dari segala penjuru Gianyar memadati pantai Masceti, Kecamatan Blahbatuh. Warga yang desanya dekat pantai, memilih berjalan kaki.

Sedangkan yang jauh, menggunakan truk untuk membawa pratima dan juga sarana gong serta banten. Berbagai pratima, hingga barong diusung ke pantai.

Selanjutnya, di pantai, para pendeta melakukan puja mantra. Kemudian diiringi dengan sembahyang bersama menghadap ke pantai.

Kasat Polair Polres Gianyar AKP Gede Endrawan menyatakan umat berdatangan sejak Jumat pagi hingga sore. "Kami terus siaga di tepi pantai untuk memastikan keamanan umat," jelas dia.

Penjagaan juga digelar dengan memantau umat yang memohon air laut untuk diambil. Polisi waspada untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. 

Dikatakan selama pemantauan, upacara berlangsung tanpa kendala. "Situasi terpantau aman dan lancar," tutup dia.

Bersamaan dengan Polairud, dari pihak Balawista BPBD Gianyar juga memperketat penjagaan mereka sepanjang pantai di Gianyar. 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami