search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pura Dalem Sukaluwih di Batuan Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah
Senin, 2 September 2024, 14:23 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pura Dalem Sukaluwih di Batuan Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah.

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, SUKAWATI.

Peristiwa kebakaran melanda Pura Dalem Sukaluwih, di Jalan Raya Batuan, Banjar Dentiyis, Kecamatan Sukawati pada Minggu (31/8/2024) pukul 16.30 WITA. Kebakaran diduga akibat percikan api pembakaran upacara ngaben.

Berdasarkan pantauan beritabali.com, posisi pura ini bersebelahan dengan setra atau kuburan. Jadi saat kejadian, sebelumnya ada warga yang menggelar upacara ngaben. Percikan api ini lantas mengenai atap dari bahan ijuk yang mudah terbakar.

Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Putu Pradana mengaku petugas menerima informasi dari warga Cokorda Oka Indrawan (29). Menerima laporan, petugas langsung menerjunkan armada serta personel ke lokasi kejadian.

Bahkan, api yang berkobar, membuat Damkar harus mengerahkan sejumlah armada. Yakni armada 06, 07,08,09,10,11,12, Gianyar Aman Induk, Gianyar Aman Ubud.  "Kami juga dapat bantuan satu unit dari Kota Denpasar," jelas dia.

Di lokasi pura, api dengan mudah merembet membakar 5 unit bangunan suci. Yakni 1 unit Bale Peselang; 1 Bale Pengias; 1 Bale Pengaruman; dan 2 Gedong Penyimpanan. "Luas total yang terbakar 6 x 100 meter persegi," jelas dia.

Dikatakan lebih lanjut, upaya pemadaman berlangsung selama 2 jam dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Meski dugaan mengarah ke percikan api ngaben, namun pihak Damkar belum bisa memastikannya. "Penyebab masih dalam penyelidikan," jelas dia.

Selama proses pemadaman berlangsung, ada satu petugas yang terluka ringan. "Lecet kena gores linggis," tutup dia. 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami