Pantang Ditiadakan, Tradisi Ngerebeg Desa Adat Tegalalang Diyakini Penetralisir Wabah - Beritagianyar.com

About Gianyar

Pantang Ditiadakan, Tradisi Ngerebeg Desa Adat Tegalalang Diyakini Penetralisir Wabah

Rabu, 19 Mei 2021 | 23:00 WITA
Pantang Ditiadakan, Tradisi Ngerebeg Desa Adat Tegalalang Diyakini Penetralisir Wabah

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritagianyar.com, Gianyar.
Pelaksanaan tradisi Ngerebeg di Pura Duur Bingin, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang tetap berlangsung dengan protokol kesehatan, Rabu (19/5).
Tradisi ini tetap dilaksanakan karena pantang ditiadakan. Sebab diyakini sebagai penetralisir wabah penyakit. Puluhan pemuda tetap berias menyerupai wong samar mengeliling desa setempat. Tapi kini, mereka mengenakan masker. 
Bendesa Pakraman Tegallalang, I Made Kumara Jaya menyampaikan tradisi ngerebeg kali ini pesertanya dibatasi. 
“Upacara berjalan seperti biasa, karena kami tidak berani meniadakan tradisi ini. Namun bedanya prosesi tetap menggunakan protokol kesehatan,” jelasnya.
Pelaksanaan ngerebeg tersebut dilakukan oleh anak-anak sampai orang dewasa di desa setempat. Prosesi diawali dengan pecaruan di areal pura. Setelah itu baru prosesi ngerebeg berlangsung yang menyerupai rencangan pura dan diyakini berupa wong samar mengelilingi desa dan melintasi pangkung (jalur sungai).
“Sementara untuk prosesi ngerebeg sekarang ini kami bertujuan untuk memohon agar alam kembali normal seperti sedia kala. Dan bebas dari wabah penyakit, khususnya pandemi covid 19,” harapnya.

Penulis : Kontributor Gianyar

Editor : seo


TAGS : Tradisi Ngerebeg Wabah Tegallalang Protokol Kesehatan


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



About bali Lainnya :


Berita Lainnya