Tirta Empul Ditutup, Pemedek "Bengkung" Diputar Balik - Beritagianyar.com

News

Saraswati-Banyu Pinaruh

Tirta Empul Ditutup, Pemedek "Bengkung" Diputar Balik

Jumat, 27 Agustus 2021 | 12:40 WITA
Tirta Empul Ditutup, Pemedek

beritabali/ist/Tirta Empul Ditutup, Pemedek

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritagianyar.com, Tampaksiring.
Pura Tirta Empul Tampaksiring yang kerap digunakan sebagai pemedek untuk melukat dipastikan tutup selama PPKM. 
Termasuk saat Hari Raya Saraswati, Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (28/8) dan Banyupinaruh, Redite Pahing Sinta pada Minggu (29/8) tetap tutup. Umat diminta untuk sembahyang dan melukat di rumah saja. 
Hal ini ditegaskan Kapolsek Tampaksiring AKP Ni Luh Suardini. Polisi kolaborasi dengan Pecalang akan bertindak tegas memutar balik pemedek yang bengkung atau bandel. 
"Karena PPKM masih berlaku. Bukan kemauan kami, tapi ini imbauan pemerintah. Saraswati-Banyupinaruh pun Tirta Empul tutup. Ini demi kesehatan dan keselamatan bersama, agar tidak terjadi kerumunan," jelasnya, Kamis (26/8). 
Kapolsek perempuan satu-satunya di Gianyar ini juga telah menggelar rapat koordinasi dengan Muspika Kecamatan Tampaksiring. 
"Kan ada imbauan dari PHDI dan MDA, kami tindaklanjuti. Tempat persembahyangan tutup sementara," tegasnya. 
Hari raya besar ini diantisipasi sejak awal karena biasanya sebelum pandemi, antusias masyarakat melukat ke Tirta Empul sangat tinggi. Antreannya bukan lagi seperti ular, melainkan panjang bagaikan naga. 
"Ya kalau dulu kan pemedek rela antri lama dalam kolam, karena saking ramainya. Nah sekarang, dalam situasi begini kami hindari kerumunan itu. Meminimalisir penyebaran virus Covid-19," jelas perwira asal Tabanan ini. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritadenpasar.com - Media Online Denpasar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Denpasar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya