search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang 17 Agustus, Paskibra Sukawati Diguyur Kembang Tujuh Rupa
Senin, 22 Juli 2024, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jelang 17 Agustus, Paskibra Sukawati Diguyur Kembang Tujuh Rupa.

IKUTI BERITAGIANYAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAGIANYAR.COM, GIANYAR.

Menjelang Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, Kecamatan Sukawati sudah membentuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskribra). Mereka sudah dilatih KLBB melalui ekstra di sekolah.
 

Sebelum acara dikukuhkan, dilakukan tradisi pengenalan lingkungan dan pembentukan karakter disiplin dan penguatan fisik mental anggota Paskibraka Kecamatan Sukawati.

Menurut salah satu pelatih dari Kepolisian Polsek Sukawati Aiptu I Ketut Sarjana yang juga Panitia Binmas Polsek mengatakan tradisi pengenalan lingkungan dalam proses pembentukan karakter disiplin dan penguatan pisik mental anggota Paskibra Kecamatan Sukawati. 
 

"Dilakukan mulai dari pembagian kostum latihan, kemudian sembahyang bersama, gerak jalan dan lari menempuh jarak kurang lebih 5 km," ujarnya.
 

Dalam gemblengan, pasukan diarahkan menuju pasar Seni Sukawati sepanjang rute menyambangi kantor Koramil 1616-05, untuk mengetahui kantor pusat kecamatan dalam hal Pertahanan dan ke Mako Polsek Sukawati untuk mengetahui pusat pelayanan masyarakat tingkat kecamatan termasuk Keamanannya.

"Dan kegiatan tambahannya di sepanjang jalur yang dilewati adalah penguatan fisik, mental, disiplin rasa persaudaraan serta hormat bendera saat tiba di masing-masing Kantor dimaksud," jelas Sarjana.
 

Saat kembali tiba di Kantor Camat pasukan Paskibra dilakukan acara pengguyuran kembang tujuh rupa sebagai simbolis. "Ini bermakna pembersihan atau penyucian kembali jiwa raga usai dilakukan pengenalan lingkungan oleh Pembina. Sedangkan acara pengukuhan akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2024 malam," tutup Aiptu Sarjana.
 

Pengguyuran dengan air kembang disaksikan oleh Camat Sukawati I Made Daging didampingi Kapolsek Sukawati Kompol I Wayan Johni Eka Cahyadi dan Danramil 1616-05 Sukawati Kapten INF. Abdul Mukip.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/Gin

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritagianyar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Gianyar.
Ikuti kami